markethon

Di zaman modern saat ini, siapa sih yang gak kenal sama Gojek. Gojek merupakan suatu aplikasi yang menyediakan layanan transportasi umum seperti transportasi motor atau mobil yang bisa dipesan secara online oleh masyarakat luas.

Gojek sendiri bukan merupakan satu-satunya aplikasi yang menyediakan layanan transportasi umum, melainkan aplikasi lain seperti Uber, Grab, dan lain-lain juga menawarkan hal yang sama.

Hanya saja, Gojek memegang sebagian besar pasaran Indonesia karena selain prosesnya yang mudah, Gojek juga menyediakan banyak layanan dan merupakan produk keluaran anak bangsa sehingga lebih mudah diterima oleh masyarakat dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Nah gojek ini termasuk salah satu contoh penerapan system informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sistem informasi adalah sebuah rangkaian sistem software atau sistem perangkat lunak yang menggunakan informasi untuk menjalankan segala kebutuhannya seperti kebutuhan operasi bisnis, manajemen, dan pengambilan suatu keputusan.

Istilah sistem informasi sendiri baru muncul sejak tahun 1965. Di waktu itu, teknologi komputer sedang mengalami perkembangan yang cukup revolusioner di mana komputer yang dulunya berukuran besar dan sulit dijalankan berubah menjadi komputer yang berukuran kecil dan bisa dijalankan dengan mudah bekat adanya mikroprosesor yang dikenal sebagai sistem informasi.

Dari sini, sistem informasi terus mengelami perkembangan, mulai dari kebutuhan manajemen kantoran sampai pembuatan aplikasi seperti Gojek yang sedang digunakan oleh masyarakat secara luas.

Penerapan sistem informasi terhadap aplikasi Gojek

Setelah mengetahui asal usul sistem informasi ini. Selanjutnya, akan dijelaskan tentang penerapan sistem informasi terhadap aplikasi Gojek sehingga orang-orang bisa tahu pengaruh sistem informasi ini terhadap kegiatan operasional Gojek. Berikut penerapan sistem informasi yang ada di aplikasi Gojek:

Sistem informasi

Dalam memberikan pelayanan transportasi umum kepada masyarakat Indonesia, Gojek menggunakan berbagai teknologi sistem informasi untuk mencapai tujuannya. Berikut ini merupakan teknologi sistem informasi yang digunakan oleh Gojek:

Teknologi end-user

Teknologi end-user adalah teknologi yang memungkinkan konsumen untuk menggunakan suatu aplikasi tanpa harus berurusan dengan tahap perancangannya.

Teknologi inilah yang memungkinkan konsumen untuk menggunakan Gojek melalui aplikasi smartphone di android atau aplikasi smartphone di IOS dengan mudah.

  1. Teknologi database

Teknologi database merupakan aplikasi yang memungkinkan perusahaan Gojek untuk mengakses informasi, menjalankan kegiatan bisnis, dan berinteraksi dengan para konsumen kapan saja selama masih terhubung dengan koneksi internet.

Contoh nyata dari teknologi database ini di aplikasi Gojek adalah hadirnya sistem cloud computing dan smartphone storage.

API (application programming interface)

API adalah serangkaian software yang digunakan oleh programmer untuk mempercepat proses pembuatan atau proses kerja suatu aplikasi melalui penggunaan perintah, protokol, dan fungsi.

Contoh dari API ini di aplikasi Gojek adalah fitur Google Maps dan Google Place.

  1. Sistem ecommerce

Walaupun sistem ecommerce biasa digunakan oleh aplikasi toko online, tetapi Gojek juga membutuhkannya karena terdapat beberapa layanan di aplikasi Gojek yang memerlukan bantuan sistem ecommerce ini agar bisa berjalan. Contohnya:

Instant courier

Gojek menyediakan jasa instans courier untuk pengiriman secara real time. Nah, untuk menjamin keberhasilan instant courier ini, sistem ecommerce dapat menentukan harga yang perlu dibayar berdasarkan jarak tempuh dan waktu yang diperlukan untuk mengirimkan barang dari lokasi pengemudi ke konsumen.

Transport

Layanan transport juga merupakan layanan utama Gojek. Untuk memberikan layanannya tersebut, Gojek menggunakan sistem ecommerce untuk menentukan lokasi penumpang, tempat tujuan, dan memberikan konfirmasi harga yang perlu dibayar.

Food delivery

Peran sistem informasi juga penting dalam menyediakan food delivery karena konsumen bisa tahu apa saja menu makan yang tersedia, biaya yang perlu dibayar untuk makanan atau jasa pengiriman, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar pesanannya bisa sampai.

Shopping

Shopping merupakan contoh utama dari sistem ecommerce karena konsumen bisa membeli barang yang ada di toko dengan biaya yang pasti dan tanpa perlu datang ke tokonya.

  1. Sistem informasi manajemen

Sistem informasi manajemen berbeda dengan sistem informasi biasa karena sistem ini hanya bertugas dalam pemrosesan suatu data dan mengubah data itu menjadi informasi yang bermanfaat seperti pemanfaatan SDM, dokumen, teknologi, prosedur, dan manajemen akuntansi untuk pemecahan masalah strategi dan biaya layanan.

Gojek membutuhkan sistem informasi manajemen ini karena sistem ini dapat menjamin kalau seluruh kegiatan perusahaan dapat berjalan dengan lancar, seperti:

Proses bisnis dan operasional

Sistem informasi manajemen seperti office automation system, process control system, dan transaction processing system dapat memperlancar proses bisnis dan operasionalnya seperti memperlancar proses transaksi bisnis, mengontrol data, pengendalian produksi, dan memproses data elektronik.

Pengambilan keputusan

Setelah data yang dibutuhkan oleh perusahaan terkumpul, maka sistem informasi manajemen dapat membantu pihak manajemen untuk mengambil keputusan terkait pengeluaran atau pemasukan untuk periode ke depan.

Nah itu dia contoh penerapan system informasi dalam kehidupan masyarakat. Kalau diperhatikan baik-baik, Gojek dapat bertahan lama di pasaran Indonesia meskipun sudah banyak pesaing baru yang menawarkan layanan yang sama. Hal ini bisa terjadi karena Gojek juga menggunakan data yang diberikan oleh sistem informasi untuk membangun strategi baru.

1 Comment

  1. Info Lebih Lengkap

    What i don’t understood is in fact how yoս’re no longer
    aⅽtually ɑ lot more neatly-appreciɑted than you might be now.
    You’re very intelligent. You know therefoгe signififantly relating to thіs matter, made
    me іndividually іmagine it frfom a lot of varied angles.
    Its like men aand women aren’t fasciinated except it іiѕ somethuing to
    do wth Lɑdy gaga! Your personal stuffs outstanding.
    Always cаre f᧐r it up!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *