loader
markethon

 

Teknologi Komunikasi dan Informasi adalah ilmu pengetahuan yang digunakan manusia dalam menyalurkan informasi atau pesan dengan tujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan demi mencapai tujuan. Perkembangan teknologi informasi berawal dari era komputerisasi sampai pada era  kemajuan di bidang sistem informasi. Penggunaan komputer pada awalnya digunakan untuk menulis, membuat grafik dan gambar serta alat penyimpanan data. Dengan kemajuan teknologi interaksi antar manusia mampu menghilangkan batasan jarak yang sangat jauh dan kesempatan untuk  menjangkau lapisan masyarakat di belahan dunia manapun menjadi semakin terbuka. Internet sebagai salah satu dampak dari perkembangan teknologi baru bisa menjadi pintu untuk masuknya pengetahuan dari berbagai belahan dunia. Hal tersebut menjadikan proses transfer teknologi menjadi sangat cepat. Karena begitu pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi mengakibatkan dampak dan pengaruh terhadap kemajuan industri pada masyarakat maupun perusahaan, baik berupa dampak positif maupun dampak negatif. Berikut ini adalah dampak positif dari pesatnya perkembangan teknologi terhadap kemajuan industri.

1.Kemudahan Dalam Mengakses Informasi

Ditemukannya teknologi WWW (World Wide Web) telah mengubah pola komunikasi di dunia. Karena informasi dari seluruh dunia tersedia secara luas dan bebas di internet. Hal ini membuat semua informasi mudah diakses di mana saja dan kapan saja.Semua berkat teknologi modern (dan raksasa komputer seperti Dell, IBM, Apple, dll.). Seseorang dapat membaca buku dalam kenyamanan tempat tidur dengan secangkir kopi. EBook tersedia di internet untuk tujuan ini. Teknologi modern telah menggantikan radio dengan televisi, dan sekarang bahkan televisi telah didigitalkan menjadi “LCD” dan “LED”.Berbagai upaya sedang dilakukan untuk menciptakan sumber informasi yang lebih andal. Semua ini hanya mungkin karena teknologi.

2. Menghemat Waktu

Pada zaman yang serba maju dan modern ini kita dapat mencari tempat tertentu dan bahkan menentukan tujuan secara spesifik. Teknologi yang digunakan untuk melakukan pencarian tempat tersebut adalah Google Maps dengan memanfaatkan google maps memudahkan kita untuk mencari lokasi secara tepat. Aplikasi buatan google tersebut sangat membantu untuk melakukan navigasi pada daerah yang belum pernah kita kunjungi. Hal tersebut tentunya akan menghemat waktu kita untuk mencapai tempat yang dituju secara cepat dan tepat.

3.Menghemat Pengeluaran

Salah satu tujuan utama teknologi adalah  membuat segala sesuatu lebih murah dan lebih terjangkau bagi orang-orang. Oleh karena itu, teknologi memangkas proses bisnis yang cenderung panjang dan berbelit hal tersebut membuat biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan maupun pengguna lebih kecil dan lebih efisien. Contohnya penggunaan kasir manusia bisa digantikan dengan kasir mesin selain itu penggunaan E-Card untuk melakukan pembayaran pada jalan tol.

4.Inovasi di Berbagai Bidang

Teknologi benar-benar telah menghasilkan digitalisasi dan modernisasi di berbagai bidang. Baik itu bidang kedokteran atau pertanian atau elektronik, teknologi telah menghasilkan revolusi global. Teknik yang lebih baik dalam bertani telah menghasilkan makanan yang lebih banyak dan lebih sehat. Teknik “pertanian layer” membutuhkan lebih sedikit ruang dan menghasilkan lebih banyak makanan. Kesehatan hewan yang lebih baik menjamin hasil yang lebih banyak dari produk susu dan unggas. Sektor kesehatan juga mendapat banyak manfaat dari ledakan teknologi. Bahkan penyakit yang tidak dapat disembuhkan seperti kanker memiliki obat yang tepat sekarang.

5.Teknologi Untuk komunikasi

Pada Era Teknologi komunikasi menjadi sangat mudah bagi orang untuk terhubung dan berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Ponsel adalah contoh terbaik dari teknologi komunikasi. Melalui ponsel, orang dapat menghubungi dan berkomunikasi dengan orang, teman, dan kerabat di seluruh dunia dengan sangat mudah dan dengan biaya lebih murah. Sebelum penemuan ponsel dan telepon, orang menggunakan surat untuk komunikasi dengan kerabat dan teman mereka.  Sangat sulit bagi orang untuk berkomunikasi melalui surat karena mengirim surat membutuhkan banyak waktu dan juga biaya. Tetapi setelah penemuan telepon dan telepon genggam, menjadi sangat mudah bagi orang untuk berkomunikasi dengan kerabat mereka dalam hitungan detik. Melalui ponsel, kita juga dapat berkomunikasi dengan kerabat dan teman melalui video call. Dan saya pikir ini adalah salah satu keuntungan terbaik dari teknologi bagi manusia. Ini menghemat waktu dan juga uang bagi orang-orang dalam komunikasi.

6.Digitalisasi Transaksi dan Administrasi Bank

Perbankan juga mendapatkan pengaruh yang sangat signifikan oleh pesatnya perkembangan teknologi. Sekarang teknologi digunakan di setiap bank. Tujuan utama teknologi adalah untuk mempermudah pekerjaan masyarakat dan karena teknologi perbankan menjadi sangat memudahkan masyarakat. Transaksi online dan mesin atm sangat memudahkan orang untuk melakukan transaksi apapun dari rumah mereka atau dari mesin ATM manapun. Mereka tidak perlu datang ke bank dan menunggu serta bersusah payah mengantri, mereka dapat dengan mudah melakukan transaksi apapun dari rumah mereka secara online atau dari mesin ATM di daerah mereka.

7.Muncul Hiburan Berbasis Teknologi

Teknologi juga berkembang pada sektor  hiburan. Ada banyak perangkat teknologi modern yang digunakan untuk hiburan.

  • Playstation (digunakan untuk bermain video game).
  • Video game.
  • Komputer
  • Ponsel.
  • Perangkat VR

Dan masih banyak lagi. Perangkat ini sebagian besar digunakan untuk hiburan. Orang-orang menggunakan perangkat semacam ini di waktu luang mereka untuk hiburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.