markethon

A. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan ke sistem, atau dengan kata lain sistem memiliki kemampuan untuk menginterprestasikan data eksternal dengan benar dan mengelola data serta menggunakan hasil yang diolah untuk tujuan tertentu. AI tidak hanya terkait dengan robot, tetapi juga terkait dengan pemahaman hakikat berpikir dan pengambilan keputusan atau tindakan cerdas menggunakan komputer. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kecerdasan buatan adalah sistem yang dirancang untuk berinteraksi dengan semua orang di dunia dengan kemampuan khusus dan berperilaku seperti manusia (Goralski, 2020; Shank, 2019; Sousa, 2019). Dampak positif penerapan kecerdasan buatan adalah mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kualitas hasil proses atau layanan. Namun di beberapa negara berkembang, selain dibutuhkan investasi yang tinggi, juga menghadapi banyak tantangan karena mengurangi penyerapan tenaga kerja (Nasution, 2012).

 

AERO(ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM NEUROEDUCATION)

B. Jupyter Notebook

Jupyter Notebook adalah alat berbasis browser yang berfungsi sebagai notebook lab
virtual untuk mendukung alur kerja, kode, data, dan visualisasi yang merinci proses penelitian
yang bersifat open-source (Perkel & Jeffrey, 2018). Dokumen Jupyter Notebook adalah
dokumen JSON, mengikuti skema berversi, berisi daftar sel input/output yang diurutkan yang
dapat berisi kode, teks (menggunakan Markdown), matematika, plot, dan multimedia, biasanya
diakhiri dengan ekstensi “.ipynb”.

C. Face Recognition

Pengenalan wajah merupakan salah satu sistem biomterika yang paling banyak
digunakan untuk identifikasi personal, misalnya pada penggunaan mesin absensi atau akses
kontrol. Hal ini karena wajah merupakan salah satu biometrika yang paling umum digunakan

untuk mengenali seseorang (Fandiansyah, et al., 2017). Sistem pengenalan wajah telah
digunakan secara lebih luas di smartphone dan dalam bentuk teknologi lain seperti robotika.
Karena pengenalan wajah terkomputerisasi melibatkan pengukuran karakteristik fisiologis
manusia, sistem pengenalan wajah dikategorikan sebagai biometrik.

D. Quizizz

Kusuma (2020) mendefinisikan quizizz sebagai media pembelajaran berbasis digital
dan diakses secara online yang terdiri dari fitur kuis, survei, permainan, dan diskusi. Quizizz
dideskripsikan sebagai alat untuk membuat kuis interaktif yang dapat dijalankan di perangkat
dan dapat diakses melalui browser.

E. Google Meet

Google Meet adalah layanan aplikasi video conference kelas premium yang
dikembangkan oleh perusahaan internet terbesar (Google). Aplikasi ini memiliki kualitas
layanan yang cukup baik yang mampu menampung peserta teleconference hingga 250 orang
bersamaan dalam grid di satu layar.

F. OBS Studio

OBS adalah kepanjangan dari Open Broadcaster Software. OBS merupakan sebuah
perangkat lunak untuk merekam video atau melakukan siaran langsung yang disambungkan ke
sebuah situs (S. Rosenthal, 2020).

sumber dari artikelilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *