loader
markethon

Bisnis Model Canvas

 

Dulu waktu membuka bisnis kecil-kecilan, aku pernah kesulitan membuat pemetaan konsep dan tujuan bisnis. Rasanya terlalu banyak elemen dan segmen yang harus dituliskan dalam satu dokumen. Nggak tahu harus bagaimana mempresentasikan segala hal dalam bisnisku dalam satu tampilan.

Namun setelah cari tahu, akhirnya aku menemukan satu cara yang mudah dan sederhana yaitu dengan menggunakan Bisnis Model Canvas (BMC). Dengan bisnis model canvas ternyata pemetaan bisnisku bisa mudah banget dituliskan. Pihak-pihak lain yang aku ajak diskusi mudah memahaminya. Bisnis model canvas membantu wirausaha baru untuk menjelaskan tujuan, rencana, dan kegiatan bisnis yang ingin dicapai dalam satu ilustrasi lengkap. Mau tahu cara membuatnya?

Nah, di artikel ini akan dijelaskan secara  lengkap tentang definisi bisnis model canvas, fungsinya, jenis bisnis yang bisa menggunakannya, dan elemen-elemen yang akan dicantumkan. Artikel ini juga akan memberikan contoh langsung Bisnis Model Canvas agar lebih mudah memahaminya. Yuk, kita pelajari bersama.

 

Apa Itu Bisnis Model Canvas?

 

Bisnis Model Canvas (BMC) adalah sebuah kerangka yang menjelaskan elemen-elemen bisnis dalam satu wadah. Bisnis Model Canvas memiliki bagan-bagan yang berisi pembahasan dari suatu bisnis, seperti produk, segmentasi konsumen, rancangan keuangan, dan kegiatan operasional. Secara sederhana, bisnis model canvas merupakan pemaparan hubungan antara bagian produksi, distributor, pemasaran, dan konsumen dalam satu bagan.

 

Bisnis Model Canvas pertama kali diperkenalkan tahun 2005 oleh seorang konsultan bisnis asal Swiss bernama Alexander Osterwalder. Dalam bukunya yang berjudul “Business Model Generation”, Alexander membuat rancangan sembilan blok bangunan untuk mempresentasikan model suatu bisnis. Sembilan blok bangunan tersebut kemudian dikenal sebagai Bisnis Model Canvas dan telah digunakan hingga saat ini.

 

Fungsi Bisnis Model Canvas

 

Bisnis Model Canvas terkenal akan fungsinya yang memudahkan wirausaha untuk menuangkan ide bisnis dalam satu bagan sederhana. Tetapi tahukah kamu, Bisnis Model Canvas masih memiliki fungsi lain? Simak fungsi-fungsinya di bawah ini.

  • Terjemahan konsep, ide, gagasan suatu bisnis dalam elemen-elemen visual
  • Rencana bisnis terfokus, karena detail setiap elemen BMC memudahkan wirausaha untuk memahami tujuan bisnis.
  • Alat diskusi yang simple dengan mitra bisnis lainnya.
  • Panduan untuk mengeksekusi bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published.