loader
markethon
Happy parent watching little kids lying on floor in living room and using digital gadgets together. Internet communication or digital technology concept

 

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi sekarang sudah banyak berkembang. Hampir setiap tahun, banyak teknologi-teknologi yang diperkenalkan. Tujuan utama dari teknologi adalah untuk memudahkan pekerjaan manusia, melindungi manusia dan apapun itu yang dapat menguntungkan manusia. Bahkan suatu negara dikatakan maju apabila negara tersebut memiliki teknologi yang maju dan banyaknya energi terbarukan.

 

            Komputer merupakan salah satu bentuk dari teknologi. Dengan adanya komputer, pekerjaan manusia menjadi lebih mudah khususnya pada urusan menghitung pada masa awal diciptakannya. Akan tetapi komputer terus berkembang, yang pada awalnya hanya mempunyai fitur-fitur tertentu, namun sekarang sudah banyak fitur teknologi. Dan juga seiring berjalannya waktu komputer tidak hanya membantu manusia dalam urusan menghitung, komputer sekarang juga dapat digunakan sebagai media penyimpanan data, sebagai sarana bertukar informasi hingga sebagai sarana hiburan, contohnya game.

 

Hampir semua orang memiliki yang namanya handphone, apabila baru bangun dari tidurnya, yang pertama kali diperhatikan adalah handphonenya. Yang artinya dalam kehidupan kita, kita sudah tidak dapat dilepaskan lagi dengan yang namanya teknologi, bahkan anak kecil saja sudah pandai mengoperasikan sebuah handphone. Akan tetapi apakah orangtua tahu, apa bahaya dari teknologi yang digunakan oleh anak kecil ?

 

Tidak sedikit dari kita sudah memberikan buah hati kita sebuah smartphone. Smartphone merupakan telepon genggam yang memiliki sistem operasi untuk masyarakat luas, kebanyakan orang tua memberikan smartphonenya hanya karna agar anak tidak rewel ataupun merengek. Padahal dalam smartphone terdapat banyak hal negatif yang dapat diakses olehnya. Smartphone juga dapat menimbulkan efek ketagihan yang mana dapat mengganggu kesehatan dari anak tersebut.

 

Dengan adanya efek ketagihan tersebut, anak-anak menjadi malas untuk bergerak dan ingin berlama-lama di depan smartphone maupun televisi, ditambah dengan adanya makanan ringan di sampingnya. Hal tersebut dapat menimbulkan resiko diabetes dan obesitas pada anak-anak. Anak juga menjadi enggan untuk bersosialisasi dengan temannya dan enggan untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya, yang mana itu adalah hal penting yang harus didapatkan pada masa pertumbuhan anak.

 

Namun dari paparan di atas, jangan membuat kita menjadi takut akan teknologi. Teknologi memiliki segudang manfaat apabila dimanfaatkan dengan benar. Penting juga untuk memperkenalkan teknologi kepada anak berupa smartphone dan televisi asalkan didalamnya terdapat konten edukatif yang dapat menambah wawasan anak. Oleh karena itu peran orang tua sangat penting dalam pertumbuhan anak. Pengawasan orang tua dibutuhkan dalam pertumbuhan anak terutama dalam penggunaan teknologi. Orang tua juga harus bisa membatasi penggunaan smartphone dan televisi pada anak, agar terhindar dari efek kecanduan dan lebih mengutamakan aktivitas di luar ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.