loader
markethon

 

Dalam upaya memenangkan persaingan dalam dunia bisnis, penerapan teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan sebagai alat bantu agar organisasi tersebut dapat lebih maju dan berkembang. Pembangunan teknologi informasi dan komunikasi pada suatu perusahaan dilakukan secara bertahap. Hal tersebut disesuaikan berdasarkan kekuatan dari sumber daya yang dimiliki oleh organisasi tersebut.

 

Apa Itu Teknologi Informasi?

Teknologi Informasi (TI) merupakan teknologi yang dipakai oleh manusia untuk mengolah data. Pengolahan data oleh TI mencakup prosesnya, cara mendapatkannya, bagaimana menyusunnya, sampai menyimpan data hingga akhirnya menyuguhkan informasi akurat yang dapat membantu pekerjaan manusia. Data yang diolah menggunakan TI bisa digunakan mempermudah manusia dalam urusan bisnis, urusan pribadi, bahkan urusan negara. Dalam bentuknya, TI terwujud melalui software dan hardware komputer. Selanjutnya, teknologi informasi salah satunya dimanfaatkan dalam bentuk Enterprise Resource Planning (ERP). Selain itu, masih ada contoh satu lagi produk yang memanfaatkan TI dan setiap orang bisa jadi memilikinya di komputernya, yaitu Microsoft Access.

 

Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi pada Bisnis

Seorang pakar, Rani Nurrohmah, dalam hasil penelitiannya “Dampak Teknologi Informasi Terhadap Lingkungan Bisnis Perusahaan” mengemukakan dampak positif dan dampak negatif dari TI, di antaranya:

 

Dampak Positif

Berikut beberapa dampak positif dari penggunaan teknologi informasi pada perusahaan, yaitu:

  1. Mempermudah Pemasaran Produk, TI memungkinkan produk yang dibuat oleh perusahaan bisa dipasarkan secara luas bahkan hingga ke luar negeri. Ada banyak media yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran global atau skala nusantara seperti menggunakan Facebook, Instagram, dan TikTok.
  1. Mempermudah Mendapatkan Sumber Produk, perkembangan TI memungkinkan pedagang mendapatkan produk dengan harga dropship dan harga grosir yang tentu lebih murah daripada harga eceran.
  1. Memudahkan Operasional Perusahaan, teknologi informasi mempermudah pencatatan data karyawan dan tugas operasional lainnya, seperti Absensi karyawan, Penggajian karyawan, Penghitungan keuangan, perusahaan, Stok barang. Selain itu masih banyak lagi manfaat lainnya, terutama pada tugas-tugas yang dapat dikelola oleh mesin. Dan tentunya hal ini akan mempermudah pekerjaan manusia.
  1. Peluang Bisnis, tak dipungkiri di tengah pesatnya kemajuan teknologi, ada banyak inovasi baru dalam berbisnis. Apalagi start-up mulai marak bermunculan di mana mereka menawarkan banyak jasa maupun barang yang bisa diakses melalui satu aplikasi saja.
Dampak Negatif

Teknologi informasi tak hanya menawarkan sisi positif saja. Akan tetapi, dibalik segala keistimewaannya. Dan berikut dampak dari penggunaan TI pada perusahaan, yaitu:

  1. Rawan modus lantaran pembayaran online tidak lebih aman dari pembayaran tunai
  2. Ketergantungan pada listrik dan jaringan internet, sehingga dalam waktu-waktu tertentu yang mungkin tidak bisa diprediksi akan ada hambatan
  3. Informasi pribadi seperti data diri yang sangat private bisa saja bocor
  4. Menjadi ladang modus baru bagi penjahat dan penipu, tak terhitung kasus penipuan di tengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.