loader
markethon

Apa Itu Aplikasi Kasir?

 

Aplikasi kasir adalah sebuah sistem yang dibuat untuk memudahkan transaksi penjualan menggunakan teknologi yang canggih. Fungsi utama dari aplikasi kasir adalah untuk membantu proses pembayaran menjadi terintegrasi. Anda dapat mengawasi transaksi penjualan tanpa harus berada di belakang mesin kasir karena aplikasi kasir biasanya terhubung dengan backoffice.

Tidak hanya berfungsi sebagai monitoring, dari sisi backoffice Anda juga bisa mendapat analisa data penjualan secara real time.

Aplikasi kasir sederhana yang dimaksud disini adalah sebuah aplikasi yang dibuat semudah mungkin untuk digunakan. Selain mudah, kecepatan juga sangat diperlukan. Sehingga, untuk karyawan kasir yang tidak memiliki pemahaman lebih tentang teknologi dapat menggunakannya secara mudah.

 

Manfaat Aplikasi Kasir.

 

Adanya aplikasi kasir membuat para pelaku bisnis mendapatkan kemudahan dalam melakukan operasional usaha. Jika Anda belum menggunakan aplikasi kasir, maka Anda perlu menyimak manfaat aplikasi kasir bagi pelaku usaha berikut ini:

  1. Proses Transaksi Lebih Cepat dan Mudah

Pelayanan dalam bisnis cafe adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Tidak sedikit pelanggan yang enggan menunggu terlalu lama. Dengan menggunakan aplikasi kasir yang terintegrasi, akan memudahkan pelanggan untuk lebih cepat dalam memesan menu.

Saat petugas kasir bertanya mengnai menu apa yang akan dipesan pada saat itu juga pesanan sudah masuk dan segera diproses. Selanjutnya setiap order menu yang masuk dapat langsung tercatat siapa, jam berapa, dan menu apa yang dipesan.

 

  1. Mudah Dalam Pembayaran

Aplikasi kasir memudahkan para pelanggan saat melakukan transaksi pembayaran untuk memilih cara apa mereka membayar tagihan tersebut mulai dari cash, voucher, debit, kartu kredit hingga alat pembayaran digital seperti Ovo, Gopay, Dana, LinkAja, atau Shoopepay. Seluruhnya sudah tersedia dalam satu Aplikasi dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dampaknya, transaksi bisa dilakukan secara lebih cepat. Baik itu proses pembayaran yang dapat dilakukan menggunakan kartu kredit maupun proses percetakan bukti transaksi berupa struk kepada pelanggan.

 

  1. Mengurangi Kesalahan

Melakukan transaksi dengan cara manual akan berpotensi menimbulkan kesalahan. Apabila menggunakan aplikasi kasir, Anda dapat mengurangi resiko kesalahan transaksi penjualan tersebut. Aplikasi kasir membantu Anda untuk melakukan pengecekkan kembali produk-produk yang Anda input. Dengan begitu, sebuah kesalahan dalam pencatatan transaksi bisa diminimalisir atau dikurangi.

  1. Mengetahui Jumlah Stok

Aplikasi kasir juga dilengkapi dengan fitur manajemen stok. Fitur ini memberikan kemudahan dalam melihat stok secara realtime. Bila ada stok yang dipakai, maka jumlah stok yang tersedia akan ditampilkan dan juga akan secara otomatis berkurang.

Fitur ini tentu saja memudahkan Anda dalam membuat kontrol persediaan stok. Sehingga saat ada stok yang jumlahnya semakin sedikit, maka Anda bisa melakukan penyetokan kembali dan kehabisan stok yang terjadi dapat diantisipasi dengan baik.

  1. Mengetahui Laba dan Rugi

Manfaat lain dari aplikasi kasir adalah memiliki fitur mencatat dan menghitung dengan hasil yang lebih akurat. Hasil penghitungan ini dapat digunakan untuk menganalisa apakah bisnis cafe yang sedang dibangun mengalami keuntungan atau malah mengalami kerugian. Anda dapat mengetahui laba dan rugi dari laporan yang telah disediakan aplikasi kasir sesuai dengan periode yang Anda butuhkan.

7 Tips Memilih Aplikasi Kasir untuk Usaha Anda

Banyaknya aplikasi kasir saat ini merupakan kabar baik bagi pengusaha karena mereka bisa memilih sendiri sesuai dengan kebutuhan usahanya. Dengan fitur yang mereka hadirkan selalu menjadi jawaban untuk sebuah usaha cafe.

Leave a Reply

Your email address will not be published.