loader
markethon

Apa itu IP Address?     

IP address atau alamat IP berbentuk kumpulan angka yang pasti dimiliki oleh setiap perangkat yang terhubung dengan internet. Kumpulan angka ini sangat rumit dan sulit untuk dihafal oleh pengguna, serta memiliki keunikan tersendiri dan berbeda di setiap perangkat.

 

 IP address pasti dimiliki oleh setiap perangkat yang terhubung dengan internet, baik itu pengguna internet seperti laptop, PC atau ponsel, maupun website sebagai media sumber informasi. Keduanya memiliki IP address yang berbeda-beda dan akan saling terhubung pada saat pengguna mengakses salah satu website menggunakan internet. 

Secara umum, IP address terbentuk dari 32 binary bits dan terbagi lagi ke dalam 4 octet (1 octet = 8 bits). Nilai dari masing-masing oktet antara 0 hingga 255. Setiap octet tersebut akan dikonversi menjadi pecahan desimal dan dipisahkan dengan tanda titik (dot). Sebagai contoh, IP address dari biznetgio.com ialah 175.22.345.1    

Terdapat 2 bagian dari IP address yang memiliki fungsi berbeda yaitu ID Host dan Network ID yang dipisahkan oleh subnet maskID Host adalah identitas dari host (interface routerworkstation, dan device) yang terhubung ke jaringan, sedangkan Network ID merupakan identitas sebuah jalur dalam jaringan. ID Network nantinya akan digunakan untuk menunjukkan host TCP/IP yang terletak pada jaringan yang sama.    

Fungsi IP Address 

  • Menghubungkan Perangkat ke Jaringan Internet    

  • Menunjukkan Identitas Perangkat

  • Mengidentifikasi Host atau Interface

Perbedaan IP Address dan Domain    

Beberapa perbedaan mendasar antara IP address dan Domain, antara lain:    

  • IP address: berfokus pada pencarian lokasi dengan mengidentifikasi titik – titik di internet. Istilah IP address umum digunakan dalam hal teknis komputer (computer-friendly).
  • Domain: berfokus pada penamaan atau labelling.Jika istilah IP address banyak digunakan dalam hal teknis, penggunaan nama domain lebih umum dipakai oleh masyarakat luas.

Cara Kerja IP Address    

Setiap kali kamu mengunjungi website yang ingin dilihat melalui web browser, alamat website yang berbentuk domain tersebut akan dikirim ke Internet Service Protocol (ISP). ISP akan mengubah data tersebut ke dalam datagram. Datagram ini akan dikirim ke server website untuk masuk ke tahap screening oleh IP address. Jika datagram tersebut dirasa aman, maka situs website yang diminta akan dapat muncul pada halaman web browser pengguna.  

Cara Cek IP Address    

Terdapat beberapa macam cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui alamat IP pada website. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi web yang menyediakan layanan pemeriksa alamat IP secara online.     

  • DNS Checker 

  • Ipaddress.my 

  • Domain IP Lookup

Kesimpulan    

Sebagai komponen utama pada sebuah website maupun perangkat, keberadaan alamat IP sebagai media penghubung antar jaringan komputer sangatlah penting. Belum lagi, jika kamu memiliki alamat IP Public yang dedicated (tidak sharing), website kamu tidak hanya dapat terhubung dengan perangkat lain, namun juga membantu meningkatkan eksistensi dan kredibilitas terhadap website yang kamu miliki.

sumber : https://www.biznetgio.com/

internal link : https://vicasion.oemahwebsite.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *