loader
markethon

 

Dengan tuntutan perkembangan zaman yang  semakin hari terus berubah maka metode baru harus dieksplorasi untuk mencukupi keperluan transportasi Negara, baik itu di masa sekarang dan juga dimasa mendatang. Intelligent Transportation Systems (ITS) menyediakan alat yang bisa meningkatkan efisiensi dan juga keselamatan transportasi secara signifikan.

Basic dari aplikasi Intelligent Transportation Systems (ITS) ini diperuntukan transportasi sensor lingkungan, efektif komunikasi, software komputer dan juga pengelolaan informasi hardware. Intelligent Transportation Systems (ITS) ini menerapkan berbagai teknologi maju terbaru dan beberapa aplikasi yang dapat meningkatkan keselamatan transportasi, juga dapat menyediakan informasi perjalanan seperti pemandu perjalanan atau navigasi untuk penggunanya.

Intelligent Transport System pada prinsipnya adalah penerapan teknologi maju untuk membuat prasarana dan sarana transportasi lebih informatif, lancar, aman dan nyaman sekaligus ramah lingkungan. Sistem ini mempunyai tujuan dasar untuk membuat sistem transportasi yang mempunyai kecerdasan sehingga dapat membantu pengguna transportasi dan memudahkan untuk memperoleh informasi, transaksi, mengurangi antrian juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan.

Intelligent Transport System di sektor transportasi yang telah diterapkan oleh Kementerian Perhubungan di Indonesia antara lain Advanced Traffic Signal Control Systems (ATS CS), Electronic Toll Collection System (ETCS), Bus Rapid Transit (BRT), Bus Information Management System (BIMS), Automatic Fare Collection (AFC), serta Integrated Traffic Management Center (TMC).

Manfaat dari Teknologi Informasi dibidang transportasi sebagai berikut :

Transportasi udara

Pesawat menggunakan sistem komputer yang ada di ruang pilot untuk mengendalikan pesawat seperti menentukan arah. Pesawat memiliki jalur penerbangan yang bisa dilihat dari sistem komputer yang ada didalamnya.

Transportasi darat

Pengaturan lalu lintas kereta menggunakan sistem komputer untuk menentukan jalur atau rel yang harus dilalui agar tidak mengalami bentrok dengan kereta yang lain. Pengaturan lampu lalu lintas atau Traffic Light juga menggunakan sistem komputer untuk membantu mengatur lalu lintas di jalan raya supaya kendaraan bisa melaju dengan teratur.

Transportasi laut

Mesin yang ada pada kapal laut dijalankan dengan menggunakan sistem. Di Dalam kapal juga dilengkapi dengan sistem navigasi yang digunakan untuk membantu mengarahkan jalannya kapal saat berlayar di tengah lautan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.