loader
markethon

 

Teknologi Informasi (TI), ataupun dalam bahasa Inggris diketahui dengan sebutan Information technology (IT) merupakan sebutan universal untuk teknologi apa pun yang menyokong manusia dalam menciptakan, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan ataupun menyebarkan data. 

 

TI menyatukan komputasi serta komunikasi berkecepatan tinggi guna informasi, suara, serta video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan cuma berbentuk Personal Computer (PC), namun juga telepon, Televisi, perlengkapan rumah tangga elektronik, serta peranti genggam modern (misalnya ponsel).

 

Dalam konteks bisnis, Information Technology Association of America menerangkan Pengolahan, penyimpanan serta penyebaran vokal, informasi bergambar, teks serta numerik oleh mikroelektronika berbasis campuran komputasi serta telekomunikasi. 

 

Berikut ini adalah point-point tentang Pengaruh Teknologi Informasi dalam Lingkungan Masyarakat :

 

  1. Mempermudah Komunikasi, suka tidak suka kehadiran teknologi sangat mempermudah dalam komunikasi. Saat ini tiap orang dengan pertolongan teknologi bisa berkomunikasi dalam waktu yang cepat serta juga tanpa ada batas jarak. Pasti saja hal ini memberikan pengaruh positif pada pertumbuhan dunia komunikasi.
  2. Memesatkan Komunikasi, sebelum teknologi informasi berkembang seperti sekarang, seseorang hanya dapat berkomunikasi lewat surat yang dikirimkan dan akan memakan waktu yang lama untuk berkomunikasi. Tapi sekarang dengan adanya teknologi informasi, seseorang dapat mengirim pesan lewat sebuah handphone hanya dalam hitungan detik.
  3. Mempermudah Pekerjaan, penggunaan komputer serta internet saat ini semakin mempermudah pekerjaan manusia. Dengan hadirnya teknologi saat ini seluruh pekerjaan akan lebih terasa efektif dan efisien.
  4. Berkomunikasi Lebih Efektif, berkat teknologi semuanya menjadi jauh lebih mudah, Anda bahkan bisa saling bertemu tanpa harus saling berdekatan. Jarak bukan lagi menjadi kendala selama Anda menggunakan jaringan internet. Kalau bicara komunikasi, sepertinya tidak ada lagi keterbatasan dan kekurangan, karena perkembangan teknologi akan berdampak langsung pada teknologi komunikasi di media modern.
  5. Alat Komunikasi Yang Lebih Canggih, kehadiran alat dan perangkat komunikasi tentunya dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Saat ini, ponsel merupakan teknologi yang bisa dipakai oleh siapa saja dan bisa untuk melakukan apa saja.
  6. Akses informasi yang lebih cepat, dengan berkembangnya teknologi khususnya penggunaan Internet dalam komunikasi, anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi dengan cepat. Selain itu, saat ini sudah banyak penyedia layanan komunikasi yang meningkatkan kecepatan aksesnya. Tentunya hal ini lebih berdampak pada proses agar informasi dalam komunikasi dapat diperoleh lebih cepat.
  7. Menghubungkan banyak orang, ada banyak cerita tentang orang-orang yang kehilangan kontak, bahkan mungkin bersatu kembali melalui jaringan kontak. Tentu saja, ini adalah keajaiban yang hanya bisa diberikan oleh sentuhan teknologi komunikasi. Kehadiran teknologi dalam komunikasi memungkinkan banyak orang untuk saling terhubung melalui jejaring sosial, bahkan kita bisa mengenal banyak orang.
  8. Akses tak terbatas, di mana pun Anda berada, Anda dapat selalu terhubung dengan keluarga tanpa hambatan. Teknologi memberikan kemudahan akses tanpa batas terhadap informasi dan komunikasi. 
  9. Persaingan di bidang teknologi komunikasi, perkembangan teknologi di bidang komunikasi juga menimbulkan persaingan. Saat ini, semua produsen dan pemasok peralatan berlomba-lomba menciptakan teknologi komunikasi yang dapat digunakan oleh manusia.
  10. Kemudahan pertukaran informasi, perkembangan teknologi komunikasi telah membawa kemudahan bagi masyarakat. Salah satunya adalah kemudahan dalam bertukar informasi. Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.