loader
markethon

 

Portrait of a beautiful young woman studying at the table with laptop computer and notebook at home – studying online e-learning system

Dalam kehidupan kita saat ini banyak hal yang bisa dilakukan dengan mudah dengan adanya bantuan teknologi. Perkembangan teknologi yang sangat pesat bisa kita manfaatkan seperti halnya untuk membantu di dunia pendidikan. Pemikiran dari dunia pendidikan telah melahirkan modernisasi di segala bidang kehidupan masyarakat dunia saat ini. Berhubungan dengan hal itu, kehadiran teknologi telah meningkatkan kualitas dan keampuhan pendidikan itu sendiri. sebagaimana empat pilar pendidikan yang dicetuskan oleh Unesco antara lain learning to know, learning to do, learning to be, dan learning together.

Teknologi Informasi sekarang bisa diterapkan di dalam dunia pendidikan, seperti halnya :

  1. Pembelajaran Berbasis Komputer, contohnya yaitu penerapan sistem Ujian Nasional tahun 2016 yang berbasis   komputer atau dikenal dengan CBT.
  2. Berbagi Hasil Penelitian, contohnya berbagi hasil penelitian melalui akun blog, Lipi, Kemdikbud.
  3. Perpustakaan Online, contoh perpustakaan online yaitu https://perpusnas.go.id/
  4. Diskusi Online, contohnya seperti situs kaskus.com
  5. E-Learning, contohnya seperti Brainly.com dan Ruang Guru.

Pada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, teknologi informasi sangat penting dalam membantu proses pembelajaran. Apalagi saat ini semua sekolah baik dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi melakukan proses pembelajaran secara daring (belajar dari rumah). Disini peranan teknologi informasi sangat penting dalam membantu proses pembelajaran.

Pandemi membawa perubahan cepat di berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan, sehingga memaksa semua orang untuk belajar adaptif, salah satunya melalui instrumen teknologi informasi. Terdapat akselerasi yang luar biasa dalam pemanfaatan teknologi informasi di dunia pendidikan pada masa pandemi.

Teknologi informasi ini diharapkan dapat menjadi jawaban atas permasalahan akses, kualitas, dan keadilan sosial di bidang pendidikan. Sebab, salah satu dampak pandemi adalah tentang ketimpangan akses pendidikan berkualitas yang semakin lebar. E-learning adalah pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dan pembelajaran.

Ada banyak platform dan ragam teknologi pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru sesuai dengan kebutuhan belajar. Guru dapat memanfaatkan sumber-sumber belajar berbasis teknologi digital yang sudah ada atau tersedia maupun mengembangkannya sendiri secara khusus. Salah satu platform teknologi pembelajaran yaitu Classroom, platform ini dapat digunakan sebagai kelas pembelajaran dimana guru bisa memberikan materi pelajaran atau tugas-tugas yang akan dikerjakan oleh siswanya.

Selain itu, ada beberapa platform dan ragam teknologi pembelajaran yang dapat digunakan untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah, antara lain yaitu: Portal Rumah Belajar, Aplikasi Ruang Guru, Akun Pembelajaran (Belajar.id), dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.