loader
markethon

 

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dapat dikatakan sebagai suatu hal yang berhubungan dengan teknologi, baik penemuan terbaru yang bersangkutan dengan teknologi maupun perkembangan di bidang teknologi itu sendiri. IPTEK terus berinovasi untuk mewujudkan manfaat positif terhadap kehidupan manusia. IPTEK tidak hanya bermanfaat dalam sarana kehidupan, tetapi juga untuk mempermudah segala kebutuhan hidup manusia. Dengan perkembangan IPTEK yang sangat pesat, manusia menjadi semakin mudah untuk berkomunikasi dalam jarak jauh, bahkan dalam lingkup dunia.

 

Seiring berkembangnya zaman, sudah pasti banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan IPTEK yang dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat di dunia. Salah satunya ditandai dengan adanya teknologi-teknologi baru yang terus bermunculan dan berinovasi. Sebagai satu di antara negara berkembang di Asia, penggunaan teknologi di Indonesia tergolong cukup pesat. Berbagai usaha untuk memajukan kualitas IPTEK di Indonesia terus dilakukan, bahkan beberapa produk buatan anak bangsa sudah diakui dunia. Dapat dipetik dari laman tentik.com, contoh teknologi konstruksi buatan Indonesia yang mendunia, beberapa diantaranya adalah sistem cakar ayam, jembatan sosrobahu hingga teknologi jaringan 4G. Namun menurut saya, pada era sekarang tidak sedikit manusia yang menyalahgunakan arti, manfaat, dan tujuan teknologi-teknologi itu diciptakan.

 

Berikut kemudahan serta manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat di dunia dengan adanya perkembangan zaman :

 

  1. Kemudahan dalam proses jual beli, pada Pandemi Covid-19 seperti sekarang masyarakat bisa menjual produk mereka secara online dengan jarak jauh tanpa harus bertatapan muka atau bertemu dengan pembeli, penjual juga tidak harus menyewa tempat atau toko untuk menjual produk mereka, dengan begitu penjual bisa meminimalisir cost pengeluaran mereka. Selain itu, dengan terciptanya mesin canggih seperti sistem, mesin-mesin produksi, robot, dan lain sebagainya bisa memudahkan mereka dalam menghasilkan produksinya.
  2. Kemudahan dalam komunikasi jarak jauh, dengan adanya perkembangan dan perilisan gadget maupun teknologi lainnya sangat mempermudah manusia dalam berkomunikasi dengan siapapun dan dengan jarak yang jauh sekalipun.
  3. Kemudahan dalam mengakses informasi, terciptanya internet sangat membantu dan mempermudah masyarakat di dunia untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan tanpa harus bersusah payah bertanya kepada orang lain.
  4. Kemudahan dalam proses belajar mengajar , dalam dunia pendidikan tentunya sangat membawa dampak positif yang bisa dirasakan baik bagi pelajar maupun pengajarnya. Menurut tirto.id, salah satu pengaruh IPTEK yaitu membawa dunia pendidikan menjadi konvensional. Terdapat juga pergerakan-pergerakan sistem, salah satu contohnya yaitu mengubah cara belajar siswa, seperti dari kertas menjadi media online.

 

Berikut dampak negatif yang dapat dirasakan dan yang terjadi pada masyarakat di dunia dengan adanya perkembangan zaman :

 

  1. Tenaga manusia semakin tergeser, dengan adanya pandemi Covid-19 seperti sekarang banyak perusahaan atau pabrik yang memberhentikan pekerjanya karena beralih ke mesin-mesin canggih. Sehingga seluruh dunia berlomba-lomba menciptakan mesin yang sangat canggih lagi tentunya untuk mempermudah aktivitas dan meminimalisir cost pengeluaran masing-masing perusahaan, daripada mengeluarkan pengeluaran seperti biaya gaji pekerja.
  2. Kejahatan dunia maya, di balik kemudahan kita dalam mengakses informasi jarak jauh dimanapun dan kapanpun melalui gadget, akan menjadi riskan bagi anak-anak. Selain membuat anak menjadi lambat dan susah memahami pembelajaran, dalam kutipan artikel tirto.id sendiri, sudah banyak kasus pelajar usia muda yang kecanduan dalam bermain gadget, terlebih lagi banyak yang berbuat tak seharusnya akibat kecanduan pornografi. Menurut kompas.com, tidak sedikit penipuan-penipuan online yang terjadi di mancanegara, salah satu di antaranya yaitu pinjaman online dengan suku bunga dan juga denda yang sangat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.