loader
markethon

Manfaat Penggunaan Teknologi untuk Pendidikan

Dalam hal pendidikan, teknologi memberikan pengaruh dan manfaat cukup besar yang dirasakan bukan hanya siswa juga tenaga pendidik. (ilustrasi).

Dalam hal pendidikan, teknologi memberikan pengaruh dan manfaat cukup besar yang dirasakan bukan hanya siswa juga tenaga pendidikan.

Dalam hal pendidikan, teknologi memberikan pengaruh yang cukup besar.Teknologi disebut sebagai suatu yang mampu memberikan kemudahaan dalam berbagai aspek. Dalam hal pendidikan, teknologi juga memberikan pengaruhnya yang cukup besar. Kedua hal ini semakin tak dapat dipisahkan karena peran keduanya yang saling berhubungan satu sama lain.

Beberapa manfaat dari penggunaan teknologi pada pendidikan telah dirasakan bukan hanya oleh siswa saja, tetapi juga oleh tenaga pendidik. Berikut di antara manfaatnya:

Meningkatkan kualitas pendidikan

Pendidikan merupakan satu aspek yang dipercaya bisa membuka peluang untuk meningkatkan kualitas hidup. Namun, pendidikan yang tidak berjalan secara maksimal juga tidak akan memberikan dampak yang baik pula. Nah, keberadaan teknologi dapat menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Terutama kualitas pendidikan dalam negeri.

Teknologi mampu dijadikan sebagai alat untuk memudahkan proses mengajar oleh tenaga pendidik. Selain itu, dapat dimanfaatkan oleh para siswa pula untuk menggali lebih banyak ilmu. Apabila dari pihak pengajar dan pendidik mampu menggunakan teknologi ini dengan baik, maka kualitas pendidikan di Indonesia pun akan semakin membaik.

Media pendukung pelajaran

Dalam kegiatan belajar mengajar, tidak jarang siswa merasa jenuh dengan materi pelajaran yang disampaikan secara monoton. Dengan adanya teknologi, sekarang para pendidik mampu membuat alternatif cara mengajar yang lebih interaktif. Misalnya, dengan memperlihatkan materi pelajaran lewat slide presentasi yang lebih hidup atau dengan video-video yang mengundang siswa untuk lebih fokus belajar.

Dengan menerapkan inovasi pembelajaran yang lebih hidup dari adanya teknologi, maka akan sangat mungkin pembelajaran di kelas akan lebih menyenangkan. Siswa juga akan lebih bersemangat untuk menerima materi pelajaran.

Sarana mendapat informasi

Manfaat yang bisa didapatkan dari teknologi lainnya yaitu kemudahan untuk mendapatkan informasi. Sering kali ketika mengerjakan tugas maupun mendapat materi yang susah untuk dipelajari, siswa akan cenderung mencarinya lewat buku teks yang diberikan. Tetapi, sekarang juga ada alternatif lain yaitu bisa lewat mesin pencari berkat majunya teknologi.

Kemudahan ini sering dimanfaatkan oleh hampir semua siswa dan mahasiswa. Bahkan, oleh para tenaga pendidik pun tak sedikit yang menggunakan teknologi untuk mencari informasi lebih banyak mengenai suatu materi pelajaran yang akan disampaikan.

Biasanya, untuk mendapatkan informasi akurat mengenai suatu materi, tenaga pendidik dan siswa akan merujuk ke suatu website yang telah dipercaya dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Salah satunya, lewat portal pendidikan online seperti tambahpinter.com yang menyediakan segudang informasi, baik untuk siswa sekolah, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Media belajar tanpa batasan

Saat dalam kondisi yang penuh dengan keterbatasan untuk mendapatkan pendidikan, teknologi hadir sebagai salah satu penyelamat. Contohnya, saat pandemi Covid-19 terjadi di awal tahun, kegiatan belajar mengajar di sekolah terpaksa dihentikan beberapa waktu untuk menghindarkan terjadinya penyebaran virus corona.

Dalam kondisi yang seperti ini, teknologi berhasil menjadi media yang memungkinkan para siswa dan guru untuk melakukan proses belajar mengajar tanpa bertatap muka secara langsung. Guru dan murid bisa melakukan proses belajar mengajar lewat video conference, mengirim tugas dan materi lewat group chatting hingga email.

Secara tidak langsung, Covid-19 ini membuat para pendidik dan murid mengandalkan teknologi 100 persen dalam proses belajar mengajar. Pada awalnya, mungkin akan butuh pembiasaan dikarenakan proses pembelajaran dengan daring memang jadi sesuatu yang baru di dunia pendidikan. Tapi, jika dilihat dari sisi lain, teknologi telah jadi penolong media pembelajaran tanpa adanya batasan kondisi.

Jadi, itulah manfaat yang bisa diambil dari adanya teknologi dalam dunia pendidikan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan apabila teknologi dipakai dengan baik dan pastinya akan semakin meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.