loader
markethon

Pada era globalisasi seperti sekarang ini banyak sekali teknologi yang sudah berkembang, terutama pada dunia bisnis. Tidak hanya sekedar para remaja atau orang dewasa saja yang dapat menggunakan atau berkecimpung pada majunya teknologi saat ini, anak dibawah umur pun mampu menggunakan teknologi. Hal tersebut dikarenakan mudahnya untuk menjangkau teknologi untuk saat ini, salah satunya yaitu telepon seluler yang sangat mudah untuk dijangkau dan dipergunakan. Banyak yang memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan sehingga dampak yang dirasakan sangat signifikan. Seperti contohnya pada bidang perekonomian yang saat ini lebih dikenal dengan marketplace (Penjualan Online).

 

Saat ini banyak sekali aplikasi marketplace yang tersedia, bahkan aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, dan lainnya sudah menyediakan fitur marketplace. Hal ini tentunya memudahkan pembeli untuk menemukan barang yang dicari dengan mudah dan  dapat dimanfaatkan oleh penjual atau UMKM untuk memasarkan produk mereka.

 

Tokopedia adalah salah satu aplikasi marketplace yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Saat ini Tokopedia menggunakan sistem otomatisasi untuk memudahkan proses operasional dan administrasi dengan menerapkan beberapa tools yang digunakan. Tools otomatisasi yang dipakai oleh Tokopedia adalah GitOps, VM Autoscale, Kubernetes Deployment, dan Canary Manager.

 

Banyaknya aplikasi marketplace yang beredar, menjadikan adanya persaingan untuk mendapatkan pelanggan atau user agar menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan jual beli online. Aplikasi marketplace sendiri mempunyai fitur-fitur menarik yang dapat mengundang pelanggan. Salah satu contohnya pada aplikasi Shopee yang terdapat fitur Shopeepay dan SpayLater, fitur ini adalah fitur sistem pembayaran melalui saldo shopeepay yang tersedia, pelanggan dapat topup sesuai dengan nominal yang diinginkan. Sedangkan untuk Spay Later adalah fitur sistem pembayaran buy now pay later dan pembayaran cicilan, fitur ini sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa dan Keuangan) yang dapat memudahkan pelanggan yang ingin menggunakan fitur tersebut dengan aman.

 

Dengan adanya berbagai platform marketplace ini menjadikan persaingan yang bisa menjadikan platform tersebut bisa berkembang menjadi yang lebih baik, dengan menampilkan fitur-fitur yang menarik dan mudah digunakan, serta memberikan manfaat untuk semua orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.