loader
markethon

 

Mulai dari zaman dahulu hingga sekarang manusia membutuhkan hiburan, Dunia hiburan mengalami perkembangan dari masa ke masa. Baik itu berupa audio, visual,  maupun audio visual. 

 

Pada zaman dahulu, hiburan masih sebatas pementasan-pementasan panggung. Pementasan panggung berupa kesenian seperti tari-tarian, teater, dan sastra. Namun pementasan seperti itu hanya ada pada lokasi tertentu, sehingga orang-orang yang ingin mendapatkan hiburan harus mengunjungi lokasi pementasan. Hal ini tentu akan membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga.

 

Beranjak ke masa selanjutnya, masa dimana radio ditemukan. Radio pada awalnya digunakan oleh militer untuk mengirim informasi-informasi. Militer khususnya dunia kemaritiman adalah pengguna radio pertama untuk kegiatan perang. Setelah peperangan selesai, radio kemudian berubah fungsi menjadi hiburan masyarakat luas. Radio pertama kali dikomersilkan di daratan eropa dan amerika. Isinya berupa berita-berita terkini, hiburan,  drama , komedi, dan musik. 

 

Pada masa awal radio masih menggunakan modulasi amplitudo (AM), namun jika terjadi cuaca buruk maka akan mengalami gangguan dan suara yang kurang jernih. Di temukanlah modulasi amplitudo (FM) sebagai solusinya. FM tahan akan cuaca buruk dan suara yang lebih jernih. Sampai sekarang radio masih eksis dengan saluran-saluran hiburan musiknya.

 

Penemuan hukum gelombang elektromagnetik oleh joseph henry dan michael faraday tahun 1831, memulai awal diciptakannya televisi. Penemuan hukum gelombang melahirkan runtutan penemuan pengiriman dan penangkapan gelombang elektromagnetik. TV disiarkan melalui gelombang radio VHF dan UHF. Televisi yang pada mulanya menggunakan pancaran gelombang analog, pada zaman sekarang mulai bergeser menggunakan sistem digital. 

 

Dari awal komersialnya sampai sekarang, televisi telah banyak menghadirkan hiburan-hiburan yang sangat diminati masyarakat. Bahkan menurut penelitian, orang Indonesia menghabiskan waktu 5 jam dalam sehari untuk menonton tv (studi Nielsen). Ini membuktikan bahwa masyarakat masih sangat meminati acara hiburan yang disiarkan televisi, walaupun pada zaman sekarang telah hadir Media Sosial.

 

Pada zaman sekarang manusia tidak bisa terlepas dari media sosial. Perkembang revolusi industri 4.0 yang mendorong penggunaan internet, melahirkan sebuah media baru untuk hiburan manusia. Terlepas dari dampak positif atau negatif yang ditimbulkan, media sosial saat ini merajai kebutuhan hiburan. 

 

Di media sosial semua orang dapat mengekspresikan dirinya, sehingga hiburan tidak harus berasal dari sebuah perusahaan hiburan. Sebut saja Youtube, dimana pengupload video bisa saja hanya dari satu orang dan ditonton oleh jutaan pengunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.